Sabtu, 22 Desember 2012

Perubahan, Pembaharuan, Penerapan, Pengembangan dan Penyempurnaan Kurikulum

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional telah mengalami perubahan. Perubahan tersebut merupakan konsekwensi logis dari terjadinya perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi, dan iptek dalam masyarakat berbangsa dan bernegara. Sebab, kurikulum sebagai seperangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Semua kurikulum nasional dirancang berdasarkan landasan yang sama, yaitu Pancasila dan UUD 1945, perbedaanya pada penekanan pokok dari tujuan pendidikan serta pendekatan dalam merealisasikannya. B. Rumusan Masalah 1. Apa pengertian Perubahan Kurikulum ? 2. Apa pengertian Pembaharuan Kurikulum ? 3. Apa pengertian Penerapan Kurikulum ? 4. Apa pengertian Pengembangan Kurikulum ? 5. Apa pengertian Penyempurnaan Kurikulum ? 6. Bagaimanakah perbedaan Perubahan, Pembaharuan, Penerapan, Pengembangan dan Penyempurnaan Kurikulum ? C. Tujuan Masalah 1. Mengetahui Perubahan Kurikulum ? 2. Mengetahui Pembaharuan Kurikulum ? 3. Mengetahui Penerapan Kurikulum ? 4. Mengetahui Pengembangan Kurikulum ? 5. Mengetahui Penyempurnaan Kurikulum ? 6. Menjelaskan perbedaan pengertian Perubahan, Pembaharuan, Penerapan, Pengembangan dan Penyempurnaan Kurikulum ? BAB II PEMBAHASAN PERBEDAAN PENGERTIAN PERUBAHAN, PEMBAHARUAN, PENERAPAN, PENGEMBANGAN, DAN PENYEMPURNAAN KURIKULUM A. Tentang Perubahan Kurikulum Secara konsep, Perubahan kurikulum adalah suatu usaha yang di sengaja. Perubahan kurikulum terjadi karena adanya perbedaan dalam satu komponen kurikulum atau lebih dalam dua periode waktu tertentu. Jadi, Perubahan kurikulum adalah suatu kegiatan atau usaha yang di sengaja untuk menghasilkan kurikulum baru secara lebih baik, yang di dasarkan atas perbedaan satu atau lebih komponen kurikulum dalam dua periode waktu yang berdekatan. Dalam proses perubahan kurikulum, kurikulum yang formal mengubah pedoman kurikulum relatif lebih terbatas daripada kurikulum riil. Kurikulum yang riil bukan hanya sekedar buku pedoma, melainkan segala sesuatu yang dialami anak dalam kelas, ruang olahraga, warung sekolah, tempat bermain, karyawisata, da banyak yang lainnya, pendek kata mengenai seluruh kehidupan anak sepanjang bersekolah. Dapat dikatakan bahwa perubahan kurikulum berarti merubah semua yang terlibat didalamnya, yaitu guru, murid, kepala sekolah, orang tua dan masyarakat yang berkepentingan dalam pendidikan sekolah. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa perubahan kurikulum adalah perubahan sosial (curriculum change is social change). B. Tentang Pembaharuan Kurikulum Berbicara masalah pembaharuan (inovasi) tidak lepas dari istilah invention dan discovery . Invention adalah suatu penemuan sesuatu yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia yang sebelumnya belum pernah ada, kemudian diadakan dengan bentuk hasil kreasi baru. Discoveri adalah suatu penemuan sesuatu, yang sesuatu itu sebenarnya telah ada sebelumnya, tetapi semula belum di ketahui orang. Jadi Pembaharuan (inovasi) adalah usaha menemukan sesuatu yang baru dengan jalan melakukan kegiatan (usaha) dengan Invention dan discoveri. Dalam kaitan ini, Ibrahim (1989) mengatakan, bahwa inovasi adalah penemuan yang berupa suatu ide, barang, kejadian, metode, yang di amati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat). Dari pengertian di atas dapat di katakan, bahwa Pembaharuan (inovasi) kurikulum adalah suatu gagasan atau praktek kurikulum baru dengan mengadopsi bagian-bagian yang potensial dari kurikulum tersebut dengan tujuan memecahkan masalah atau mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, pembaharuan itu di ajukan berkenaan dengan ide dan teknis pada skala yang terbatas. Pembaharuan selalu berkaitan denagan masalah kreasi dan atau penciptaan sesuatu yang baru dan menuju ke arah yang lebih baik. C. Tentang Penerapan Kurikulum Penerapan adalah pemasangan, pengenaan ; perihal mempraktikkan. Kurikulum berasal dari bahasa Inggris “Curriculum” berarti Rencana Pelajaran. Secara istilah, kurikulum adalah “seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”. Dari penjelasan di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa Penerapan Kurikulum adalah Upaya mempraktikkan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Atau lebih tegasnya Penerapan kurikulum adalah mentransformasikan program pendidikan kepada siswa dalam prosses pembelajaran. D. Tentang Pengembangan Kurikulum Istilah pengembangan menunjukkan pada suatu kegiatan menghasilkan suatu alat atau cara yang baru, dimana selama kegiatan tersebut penilaian dan penyempurnaan terhadap alat atau cara tersebut terus dilakukan. Bila setelah mengalami penyempurnaan-penyempurnaanakhirnya alat atau cara tersebut dipandang cukup mantap untuk digunakan seterusnya, maka berakhirlah pengembangan tersebut. Dengan demikian, pengembangan kurikulum PAI mencakup penyusunan kurikulum itu sendiri, pelaksanaan di sekolah-sekolah yang disertai dengan penilaian yang intensif, dan penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukan terhadap komponen-komponen tertentu dari kurikulum tersebut atas dasar hasil penilaian. Bila kurikulum itu dianggap sudah cukupmantap, setelah mengalami penilaian dan penyempurnaan, maka berakhirlah tugas pengembangan kurikulum tersebut untuk kemudian dilanjutkan dengan tugas pembinaan. Selain itu pengembangan kurikulum PAI berarti perubahan dan peralihan total dari satu kurikulum ke kurikulum lain, dan perubahan ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang. E. Tentang Penyempurnaan Kurikulum Sebelum mengupas tentang konsep penyempurnaan kurikulum, Kami mencoba mengetengahkan tentang Prinsip Penyempurnaan Kurikulum, Prinsip penyempurnaan kurikulum, yaitu: a. Penyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat. b. Dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya c. Untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa. d. Mempertimbangkan berbagai aspek terkait, seperti tujuan materi, pembelajaran, evaluasi, dan sarana/prasarana termasuk buku pelajaran. e. Tidak mempersulit guru dalam mengimplementasikannya dan tetap dapat menggunakan buku pelajaran dan sarana prasarana pendidikan lainnya yang tersedia di sekolah. Jadi penyempurnaan kurikulum adalah upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya di samping juga untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa. Atau lebih tepatnya Penyempurnaan Kurikulum adalah upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa. F. Perbedaan Perubahan, Pembaharuan, Penerapan, Pengembangan, dan Penyempurnaan Kurikulum 1. Perubahan Kurikulum • kegiatan atau usaha yang di sengaja untuk menghasilkan kurikulum baru secara lebih baik • Di dasarkan atas perbedaan satu atau lebih komponen kurikulum dalam dua periode waktu yang berdekatan • Perubahanya bisa bersifat sebagian dan bisa juga menyeluruh Dari tiga poin tersebut dapat kita lihat penekanannya adalah pada usaha menghasilkan kurikulum baru secara lebih baik yang di dasarkan atas adanya perbedaan dalam satu komponen kurikulum atau lebih pada dua periode yang berdekatan, adapun bentuk dari perubahan kurikulum itu bisa sebagian dan juga bisa menyeluruh. 2. Penerapan Kurikulum • Upaya mempraktikan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. • Mentransformasikan program pendidikan kepada siswa dalam prosses pembelajaran Dari dua konsep di atas terdapat perbedaan yang sangat mendasar, pada konsep perubahan secara jelas terdapat penekanan tarhadap upaya mengahasilkan, sedang pada konsep Penerapan Penekanannya Upaya Praktek /Transforasi dari apa yang telah di hasilkan dari perubahan di maksud. 3. Pembinaan Kurikulum Dalam Konsep ini dapat kita lihat poin-poin yang jelas berbeda dengan dua konsep sebelumnya seiring dengan perbedaan penekanan arti dan tujuan yang ada pada masing-masing Konsep. Pada konsep ini lebih cenderung pada: • Upaya mempertahankan dan menyempurnakan pelaksanaan kurikulum yang ada • Upaya yang di lakukan dapat bersifat Dasar dan bersifat teknis Dari sini dapat kita ambil kesimpulan adanya tindak lanjut dari dua konsep sebelumnya, Yakni setelah kita mendapatkan lalu kita praktekkan sebagai bentuk upaya untuk memepertahankan dari apa yang telah kita dapatkan lalu kita melakukan suatu pembinaan 4. Pengembangan kurikulum Pada konsep perkembangan Kurikulum yang telah di jelaskan di atas dapat di lihat bahwa perkembangan Kurikulum sebagai: • Suatu proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik • Di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku • Bertujuan dapat memberikan kondisi belajar-mengajar yang lebih baik Tiga poin tersebut jelas menunjukkan adanya perbedaan arti dengan Konsep-konsep sebelumnya sesuai dengan tujuan dan hal-hal yang mendasari, sekaligus menunjukkan adanya kemajuan dalam melangkah. Sebab menurut hemat kami pada konsep ini merupakan sebagai upaya melanjutan langkah-langkah yang telah di tempuh pada konsep-konsep sebelumnya. 5. Penyempurnaan Kurikulum Dalam Konsep penyempurnaan telah di tegaskan beberapa poin penting yang mana hal itu merupakan wujud dinamika kurikulum dalam rangka memenuhi tuntutan dunia pendidikan yang terus maju, seiring perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi yang semakian maju pesat. Dan dari poin-poin tersebut memperjelas adanya perbedaan antara Kosep Penyempurnaan dengan Kosep sebelumnya. Dalam konsep Penyempurnaan di tegaskan adanya: • Upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi • Untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa • Dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya. BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Perubahan kurikulum adalah perubahan sosial (curriculum change is social change). Pembaharuan (inovasi) adalah usaha menemukan sesuatu yang baru dengan jalan melakukan kegiatan (usaha) dengan Invention dan discoveri. Penerapan Kurikulum adalah upaya mempraktikkan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pengembangan kurikulum PAI berarti perubahan dan peralihan total dari satu kurikulum ke kurikulum lain, dan perubahan ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Penyempurnaan Kurikulum adalah upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa. DAFTAR PUSTAKA Nasution. 2005. Asas-asas Kurikulum. Bumi Aksara:Jakarta http://www.fathululum-badruns7.blogspot.com/favicon.ico/diakses:25-02-12/15:02 Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1988. Hedyat Soetopo, dkk. 1982. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum : Sebagai Subtansi Problem Administrasi Pendidika. Bina Aksara:Jakarta Perubahan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar